Wush! 5G Akan Melesat Bareng MotoGP Mandalika 2022

Penggelaran MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan jadi ajang unjuk gigi jaringan 5G yang baru diperkenalkan di Indonesia.
Hal itu dipastikan usai pertemuan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dengan Komando Lapangan Moto GP Sirkuit Mandalika Hadi Tjahjanto.

“Seperti event sebelumnya, yaitu di PON Jayapura, di Mandalika juga akan dilakukan penggelaran 5G experience,” ujar Menkominfo di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (27/12/2021).

Hanya saja membawa sinyal 5G ke sekitar Sirkuit Mandalika tidak dapat digunakan oleh semua jenis smartphone. Bagi pemilik iPhone maupun iPad akan kesulitan mendapatkan jaringan 5G di sana.

“5G experience ini akan menggunakan spektrum 2,3 GHz yang hanya berfungsi di beberapa perangkat penerima. Saat ini, kami sudah berbicara dengan pembuat HP yang beroperasi di frekuensi 2,3 GHz, mereka sudah bukan software untuk bisa pakai layanan 5G,” kata Johnny.

“Sehingga, nanti di sana di Mandalika 5G bisa dirasakan untuk perangkat tertentu. Sedangkan, perangkat Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 GHz belum tersedia karena spektrumnya masih dipakai untuk kepentingan satelit,” sambungnya.

Layanan 5G resmi hadir di Indonesia sejak 27 Mei 2021, di mana Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menghadirkan jaringan seluler generasi kelima tersebut secara komersial.
Selain Telkomsel, operator seluler yang sudah mengantongi izin penggelaran 5G oleh Kementerian Kominfo, yaitu Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

Sementara itu, MotoGP dijadwalkan digelar pada Maret 2022. Pembalap Marc Marquez, Fabio Quartararo, Alex Rins, Maverick Vinales hingga Aleix Espargaro menjajal lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan tersebut.

Butuh bantuan?